Selamat Datang Di Blogger Gerry_ota Berbagi Ilmu

Minggu, 01 Desember 2013

makalah tentang sistem informasi manajemen



 makalah tentang sistem informasi manajemen tentang managemen oprasional, sdm teknologi informasi, managemen pemasaran dalam teknologi informasi.


BAB I
MANAJEMEN OPERASIONAL
1.1  Definisi Manajemen Operasional

Operasi adalah suatu aktivitas dalam mentransformasikan input – input menjadi output – output yang dapat menambah nilai pada barang atau jasa.
Menurut Anoraga(2009) Manajemen  operasional adalah seluruh aktivitas untuk mengatur dan mengkoordinir faktor – faktor produksi secara efektif dan efisien untuk dapat menciptakan dan menambah nilai dan benefit dari produk (barang atau jasa) yang dihasilkan oleh sebuah organisasi.


Render Dan Heizer (2005 : 2) Mendefinisikan Manajemen Operasional Adalah Serangkaian Kegiatan Yang Membuat Barang Dan Jasa Melalui Perubahan Dari Masukan Dan Keluaran.

Russel And Taylor (2002) Dalam Murdifin Haming (2003 : 17) Mendefinisikan Manajemen Operasional Adalah Fungsi Atau Sistem Yang Melakukan Kegiatan Proses Pengolahan Masukan Keluaran Dengan Nilai Tambah Yang Besar.
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Operasional

Menurut Higgins (1994) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Operasional Adalah:
1. Manajer/Pimpinan
2. Tingkah Laku Karyawan
3. Tingkah Laku Kelompok Kerja
4. Faktor Eksternal Organisasi



Perkembangan Teknologi


                Kemajuan teknologi, khususnya tenologi informasi telah menghiasi di berbagai sudut kehidupan manusia. Dari berbagai level ekonomi, level pendidikan dan level kedudukan tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi informasi.  Pemanfaatan teknologi informasi digunakan mulai sebagai sebuah kebutuhan kerja sampai pada kebutuhan hiburan. Situasi ini mengakibatkan semakin banyaknya implementasi sistem berbasis Teknologi Informasi dari sisi perangkat keras dan lunak serta dari sisi pembangunan, operasional dan pemeliharaannya.

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam TI
                Keberhasilan atau kegagalan dari organisasi layanan informasi terutama terletak pada kualitas orang-orangnya. Banyak perusahaan yang menggunakan komputer merekrut, melatih, dan melatih kembali personel SI yang berkualifikasi. Salah satu pekerjaan yang paling penting dari para manajer layanan informasi adalah untuk merekrut personel yang berkualifikasi dan untuk mengembangkan, mengatur, serta mengarahkan kemampuan kinerja yang ada saat ini.

Revolusi Teknologi Informasi dan Kaitannya Dengan Sumber Daya Manusia
Teknologi informasi tidak hanya mencakup perangkat komputerasi (hardware) dan aplikasi aplikasi pendukungnya (software) saja, tetapi juga sumber daya manusia yang menggunakannya (brainware).
Dalam dasawarsa ini, pemanfaatan teknologi oleh intitas bisnis terus meningkat. Banyak sekali sistem komputerisasi yang dipergunakan untuk membantu kinerja sebuah organisasi, misalnya sistem Electronic Data Interchange (EDI) yang menghubungkan proses bisnis di tiap tiap unit kerja. 

Kondisi  SDM
Salah satu institusi atau organisasi yang berperan dalam menghasilkan SDM adalah pendidikan. Mengacu kepada kebutuhan SDM dan terbukanya lapangan kerja di sektor Teknologi Informasi menjadikan semakin banyaknya institusi pendidikan yang berupaya menghasilkan SDM berbasiskan Teknologi Informasi.

Kualitas SDM TI
Untuk mengukur kualitas SDM berbasis Teknologi Informasi dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan. Salah satu pendekatan adalah dengan melihat pengakuan akan kompentensi atau keahliannya. Pengakuan berarti sebuah pernyataan dari pihak lain yang dbuktikan dengan hasil karya atau proses pengembangan kemampuan.
Dalam pendekatan ini dapat dibagi menjadi dua hal yaitu pengakuan formal yaitu pengakuan akan kemampuan dalam bidang teknologi informasi melalui sebuah proses pengembangan diri dan sebuah pengujian. Lebih mudahnya adalah pengakuan yang dibuktikan dengan gelar pendidikan formal ataupun gelar dari sertifikasi kompetensi.
program pelatihan pengembangan SDM dan teknologi informasi yang secara garis besar terdiri dari bidang-bidang sebagai berikut:
Ò  Kepemimpinan
Ò  Kehumasan
Ò  Pelatihan dan Pengembangan SDM lainya
Ò  Aplikasi Komputer Administrasi Perkantoran
Ò  Teknisi dan Jaringan Komputer
Ò  Pembuatan Website
Ò  Pemrograman Sistem Informasi Manajemen dan Database
Ò  Komputer Grafis dan Multimedia
Ò  Sistem Informasi Geografis

Adapun beberapa keuntungan penerapan TI dalam bidang SDM adalah
Ò  - Sistem TI memungkinkan bagian SDM berperan aktif dalam perencanaan strategis organisasi
Ò  - TI mengintegrasikan dan menyimpan semua informasi  Loper dalam suatu databank, oleh karena itu dalam proses perencanaan, bagian SDM dapat mengambil perspektif global terhadap persediaan dan kebutuhan pengembangan SDM untuk selanjutnya diinterpretasikan dengan cara yang lebih efektif

BAB III
MANAJEMEN PEMASARAN DALAM TEKNOLOGI INFORMASI
Manajemen Pemasaran adalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi dan pengendalian program pemasaran yang meliputi kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi dari produk, jasa, dan ide yang ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi (Boyd, Walker, Larreche, 1998, p.16).

FUNGSI Manajemen Pemasaran
Fungsi-fungsi manajemen pada dasarnya terdiri dari fungsi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi yang dilaksanakan dalam upaya untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Pengertian manajemen pemasaran juga sangat berkaitan dengan tugas-tugas manajer pemasaran dalam melaksanakan fungsi-fungsinya.
konsep pemasaran sebagai filosofi mencakup tiga unsur, yaitu:
Ò  Orientasi pelanggan. Orientasi pelanggan terdiri dari kegiatan penentuan produk dan program pemasarannya melalui pengembangan dan implementasi strategi pemasaran.
Ò  Pemasaran yang terkoordinasi dan terintegrasi. Perlunya koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran pada berbagai unit di dalam perusahaan ditujukan untuk dapat memberikan kepuasan pelanggan.
Ò  Pencapaian tujuan kinerja organisasi. Tujuan perusahaan adalah untuk mendapatkan laba atau tingkat keuntungan yang layak yang dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan.
Ò   
5 peranan mendasar teknologi informasi di sebuah MANAGEMAN PEMASARAN, yaitu:
Fungsi Operasional
Ò  Fungsi Monitoring and Control
Ò  Fungsi Planning and Decision
Ò  Fungsi Communication
Ò  Fungsi Interorganisational

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI

IKLAN