Selamat Datang Di Blogger Gerry_ota Berbagi Ilmu

Minggu, 03 November 2013

TUGAS SIM



Nama              :GERI RISKIYANTO
Kelas          : F2-D3MI-01
Tugas         : 1 SIM

1.      APA YANG DIMAKSUD DENGAN INFORMASI SEBAGAI SUMBER STRATEGI!
Jawab:
Informasi merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif.
Caranya : Dengan memfokuskan pada pelanggan & membangun sistem informasi yang bisa meningkatkan arus informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya.

2.      JELASKAN TENTANG IOS (Interorganizational Information System)?
Jawab:
·         IOS merupakan sistem informasi yang digunakan oleh lebih dari satu perusahaan
·         IOS fasilitator bertugas : menunjukkan para peserta bahwa dengan bekerja dalam sistem tsb mereka akan memperoleh keuntungan kompetitif.

3.      JELASKAN TENTANG SPIR ( Strategic Planning for Information Resources)?
SPIR ( Strategic Planning for Information Resources)
Jawab:
• Perencanaan strategic merupakan perencanaan yang paling memerlukan perhatian. Karena memerlukan perkiraan yang matang untuk dapat mencapai tujuan organisasi pada masa sekarang dan akan datang.
• Gagasan utama dari SPIR adalah adanya hubungan antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan sumber-sumber informasi. Sumber-sumber informasi harus digunakan untuk pencapaian tujuan.



4.      JELASKAN TENTANG PERANAN STRATEGIS UNTUK SUMBER INFORMASI?
Jawab:
v  Peran sistem informasi manajemen untuk mencapai keunggulan strategis dapat dicontohkan pada suatu perusahaan yang mutuskan untuk mengubah seluruh datanya menjadi basis data dengan alat penghubung standar (seperti alat penghubung browser web) sehingga memungkinkan berbagi informasi dengan para sekutu-sekutu bisnis dan pelanggannnya. Basis data yang terstandarisasi dan dapat diakses melalui browser web mencerminkan pergeseran posisi perusahaan secara strategis.



5.      JELASKAN TENTANG MANAJEMEN DAN STRATEGI END USER COMPUTING?
Jawab:
v  End User Computing (EUC) systems adalah sistem informasi berbasis komputer yang secara langsung mendukung aplikasi operasional dan manajerial oleh end users
End User Computing salah satu metode pengembangan sistem berbasis komputer yang dilakukan oleh pemakai sendiri (user).
Selama tahun tahun terakhir ini ,banyak pemakai telah mengambil inisiatif untuk mengembangkan aplikasi mereka sendiri dari pada bergantung sepenuhnya pada para specialist informasi. Pendekatan ini dinamakan end-user computing atau EUC. Namun pemakai dapat menggunakan para specialist informasi untuk melaksanakan pekerjaan pengembangan atau untuk menjadi konsultan.





6.      SEBUTKAN JENIS SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN / SPK!
Jawab:
1.      Mengambil elemen-elemen informasi
2.      Menganalisa seluruh file
3.      Menyiapkan laporan dari berbagai file
4.      Memperkirakan akibat dari keputusan
5.      Mengusulkan keputusan
6.      Membuat Keputusan


7.      BERIKAN GAMBAR SKEMA PERANGKAT SPK DAN JELASKAN!
Jawab:
Description: C:\Users\Master\Pictures\Komponen Sistem Pendukung Keputusan (SPK).jpg
Penjelasan:
1. Sub sistem pengelolaan data (database)
Sub sistem pengelolaan data (database) merupakan komponen SPK yang berguna sebagai penyedia data bagi sistem. Data tersebut disimpan dan diorganisasikan dalam sebuah basis data yang diorganisasikan oleh suatu sistem yang disebut dengan sistem manajemen basis data (Database Management System).




2. Sub sistem pengelolaan model (model base)
Keunikan dari SPK adalah kemampuannya dalam mengintegrasikan data dengan model-model keputusan. Model adalah suatu tiruan dari alam nyata. Kendala yang sering dihadapi dalam merancang suatu model adalah bahwa model yang dirancang tidak mampu mencerminkan seluruh variabel alam nyata, sehingga keputusan yang diambil tidak sesuai dengan kebutuhan oleh karena itu, dalam menyimpan berbagai model harus diperhatikan dan harus dijaga fleksibilitasnya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada setiap model yang disimpan hendaknya ditambahkan rincian keterangan dan penjelasan yang komprehensif mengenai model yang dibuat.

3. Subsistem pengelolaan dialog (user interface)
Keunikan lainnya dari SPK adalah adanya fasilitas yang mampu mengintegrasikan sistem yang terpasang dengan pengguna secara interaktif, yang dikenal dengan subsistem dialog. Melalui subsistem dialog, sistem diimplementasikan sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan sistem yang dibuat.


8.      SEBUTKAN DAN JELASKAN MACAM-MACAM PERANGKAT SPK!
Jawab:
Secara umum sistem pengambilan keputusan dibangun oleh tiga komponen besar yaitu :
a)      Database Management
Subsistem Manajemen basis data (Data Base Management Subsystem)
Subsistem data merupakan bagian yang menyelediakan data – data yang dibutuhkan oleh Base management Subsystem (DBMS). DBMS sendiri merupakan susbsistem data yang terorganisasi dalam suatu basis data. Data – data yang merupakan dalam suatu Sistem Pendukung Keputusan dapat berasal dari luar lingkungan. Keputusan pada manajemen level atas seringkali harus memanfaatkan data dan informasi yang bersumber dari luar perusahaan.




b)     Model Base
Subsistem model dalam Sistem Pendukung Keputusan memungkinkan pengambil keputusan menganalisa secara utuh dengan mengembangkan dan membandingkan alternative solusi.
c)      Software System/ User Interface
Subsistem dialog merupakan bagian dari Sistem Pendukung Keputusan yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan representasi dan mekanisme control selama proses analisa dalam Sistem Pendukung Keputusan ditentukan dari kemampuan berinteraksi antara sistem yang terpasang dengan user.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI

IKLAN