Selamat Datang Di Blogger Gerry_ota Berbagi Ilmu

Sabtu, 27 Juli 2013

Mengenal Windows 8 Part 1: Metro

Mengenal Windows 8 Part 1: Metro


Kini, Microsoft telah resmi merilis Windows 8, suksesor Windows 7 dengan katakanlah hanya berubah tampilah samping saja. Yup, beda tipis dengan Windows 7, hanya saja di W8 ada Metro App-nya, itu lho, gaya kotak-kotak (bukan nyindir pak Jokowi lho, hehee).
Pada dasarnya, saya lebih memilih untuk Windows 7 karena taskbar dan jendelanya transparan. Entah kenapa, dulu saat saya membeli sebenarnya juga transparan (opasitinya sekitar 50% an), tapi setelah saya update, jendelanya SUDAH TIDAK TRANSPARAN, tepatnya menu transparency di Personalize hilang.
 Blank, nggak ada apa-apa.... Cuma ada pilihan warna buat jendelanya.

Tapi itu nggak terlalu masalah sih, Okay, sekarang kita lanjutin review singkatnya. Yah, itung-itung sebagai bahan pertimbangan buat kamu yang kepengen ekspansi ke Windows 8. Atau setidaknya beli Netbook Windows 8 preinstalled, hehee...

1. KEAMANAN
Kalau sudah bicara keamanan, kita harus benar-benar jeli. Sebenarnya, Windows 8 sudah memiliki pertahanan yang cukup kuat, apalagi jika diupdate secara berkala. Saya berani cuma menggunakan Windows Defender (Oh ya, di Windows 8, MSEnya berubah nama menjadi Windows Defender, yang digabung sama firewall) sama Smadav doang. Soalnya memang benar-benar aman.
Ditambah lagi, fitur baru bernama SmartScreen, menambah nilai plus plus. Ia akan menyeleksi setiap aplikasi yang akan diinstall, memberi rekomendasi keamanan, sampai memblokir web yang diindikasikan mengandung virus melalui kiriman data Windows Server.

2. EFEK GRAFIS
Transisi/perpindahan antar aplikasi sangat halus, walau tak sehalus di WP 8, tapi untuk sebuah OS komputer, jelas sangat bagus. Apalagi kalau loading, titik-titik 5 buah siap memanjakan mata Anda, sehingga kita bakal nggak bosen nungguin. Dan sudah menjadi ha wajib, efek LiveTiles, dan membuka aplikasi lainnya pasti ada efek seolah olah rotasinya.


3. App Store
Salah satu hal yang membedakan W8 dengan W7 adalah keberadann App Store. W7 tidak memiliki marketplace, sehingga mungkin esensinya kurang modern. Ya walaupun Store nya palikasinya sedikit, tapi tak apalah, nanti juga makin banyak.

4. Xbox
Satu lagi fitur yang musthata di W7, Xbox. Rival si Game Center ini hanya untuk 3 device saja: Windows 8, Windows Phone, dan konsol Xbox. Awalnya, negara Indonesia tidak didukung oleh fitur Xbox, tapi setelah ku update, udah bisa kok. Game-nya juga lumayan. Nggak ada yang besar. Alias nggak ada yang HD. Katakanlah, mini-games lah. Untuk mengakses Xbox, kita harus mendaftar dulu, dan syaratnya harus 17 tahun ke atas. Kok tahu? Aku udah berulang kali mendaftar selalu gagal karena kurang umur. Padahal game di Xbox setahuku nggak ada yang rating dewasa atau kekerasan sih.
Sekadar info ya, W8 ini game Xbox bawaanya ada 4: Adera, Pinball FX2,TapTiles, dan Soltaite collection. Tapi game2 tsb keren lho. Grafisnya udah keren banget.

5. Sosial
Layaknya Android atau BlackBerry, W8 memiliki aplikasi Social Hub, namanya People/Social. Kita bisa nambahin FB, TW, Live di sana. Yang paling keren, kalau kita update status FB lewat sosial, tulisannya via Microsoft. hehe.... sombong dikit... Cari yang beda, soalnya udah kebanyak status via BlackBerry.
Kalau conversation, baik TW maupun FB nanti masuknya ke Message. Kalau untuk tablet 3G Windows 8 juga termasuk kontak untuk sms. Selain itu, notifikasinya juga keren. Ada suara dering ala W8 dan persegi panjang muncul di pojok kanan atas, menyesuaikan warna client yang dipakai. Misal ada notifikasi TW, nanti warnanya biru muda. Kalau conversation warnanya orange.

Liat pojok kanan atas. Itu notifikasi dari Twitter dari mention temen saya.

6. Start Menu
Nggak ada Start Menu di pojok kiri bawah. Agak repot juga sih, tapi ya kalau terbiasa juga... tetep aja kerepotan. Kita harus 4 kali klik.

  1. Arahkan kursor ke pojok (kiri bawah, kanan bawah, kanan atas) lalu pilih ikon Microsoft. Atau tekan tombol berlogo Microsoft di keyboard.
  2. Baru setelah masuk ke Metro App, klik kanan
  3. Pilih All Apps
  4. Terbuka....
4 klik kan?
Apalagi ya yang belum?
Oh ya, di W8 ada fitur lock screen active, dimana sama dengan milik WP. Cuma ukurannya lebih besar. Untuk lock-nya juga rumit. Itu yang banyak dikeluhkan di forum penggemar Windows.
Harus masuk Metro Apps, Klik username, lalu Lock.

Windows 8 error?
Bukan masalah kalau yang beli DVD retail. Kalau yang preinstalled? Ya nggak masalah juga tuh. Di Windows 8 ada 2 fitur baru, Refresh dan Reset.

  • Refresh adalah fitur Windows yang memungkinkan jika PC lemot, mungkin terlalu banyak virus, kita dapat merefresh atau istilah gampangnya di reinstall tanpa kehilangan aplikasi di C:
  • Reset adalah fitur W8 dimana jika PC benar-benar erro tingkat dewa, bisa direset ke pengaturan pabrik. Aplikasinya hilang semua. Bagaimana data di D? Kan nanti ada 2 pilihan, Windows Directory only sama semua partisi. Kalau kamu pilih semua partisi yang hilang semua. Baru nanti kita disuruh set up lagi, kayak aktivasi Windows (kata CS @WindowsSupport sih lisensinya bisa tetap digunakan, tapi verifikasinya harus lewat telepon/Skype. Ya yang jadi masalah itu, agak repot.
Tapi aku dulu resetnya saat W8 ku belum teraktivasi, jadi validasinya cuma via online saja dah bisa.
Kedua fitur tsb ada di PC Setting di General, METRO Apps, atau di UEFI (BIOS ala Windows 8, tapi bukan BIOS, itu kaya tampilan set up yang dilakukan sebelum komputer booting. Tampilannya pun udah Metro Style. Gimana Coba?)


> Ini screenshot UEFI


> Ini yang via PC Setting


List aplikasi terbaru W8:
Bing Maps, Skype Windows 8, Bing Wheather, Stock/Bursa Saham (Sayangnya IHSG Indonesia belum ada. Ini fitur yang paling aku suka), Bing Search, Fresh Paint (Ini aplikasi menggambar yang ada di iklan itu), PDF reader buatan Microsoft, dll..
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI

IKLAN